Optimalkan SD card di WP 8.1

Banyak pembaruan yang dihadirkan pada versi update Windows Phone 8.1 (Developer Preview), diantaranya yaitu kemampuannya untuk memindahkan aplikasi ke SD card. Meski di Android hal ini bukan merupakan sesuatu yang baru, tapi Windows Phone memang baru menyertakannya pada versi update ini.

Baca juga : Net89

Sebelumnya, WP memang membatasi penggunaan antara media simpan internal dengan SD card. Untungnya hal tersebut sudah tidak terjadi lagi. Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan SD card agar lebih optimal lagi dalam mengatur kebutuh an media simpan dengan berbagai cara yang bisa dilakukan.

Memindahkan aplikasi ke SD card

Caranya jelas berbeda dengan Android. Untuk itu Anda mesti masuk ke bagian Storage Sense guna memindahkannya. Storage Sense juga merupakan ftur baru di Windows Phone yang memung kinkan Anda untuk mengatur aplikasi yang terpasang di WP, termasuk memindahkannya. Anda bisa memindahkan satu ataupun beberapa aplikasi sekaligus. Berikut caranya:

Satu aplikasi Masuk ke Settings>Storage Sense, tekan Phone>Apps+Games, perang kat akan menampilkan daftar aplikasi yang ada. Tekan aplikasi yang hendak dipindahkan, pilih Move to SD. Tunggu hingga proses pemindahan selesai.

Beberapa aplikasi Yang berbeda dengan An droid, di sini Anda bisa memind ahkan beberapa aplikasi seka ligus. Tentu cara ini lebih cepat dan praktis. Pada Apps+Games, pilih ikon Multi-select, pilih beber apa aplikasi yang ada, dan tekan Move. Tunggu hingga proses selesai.

Untuk memastikan proses berhasil, Anda bisa melihat aplikasi tadi di bagian SD card. Mulai dari Settings>Storage Sense>SD Cad>Apps+game, dari sini Anda bisa melihat aplikasi yang sudah berpindah ke SD card.

Langsung install ke SD card dari Store

Jika memori internal sudah penuh tentu Anda bisa meman faatkan SD card dengan mengin stal langsung aplikasi ke media tersebut. Ada dua pilihan yang disediakan, yang pertama dimana Anda bisa menginstal langsung tiap aplikasi. Cara ini hanya bisa ditampilkan WP8.1 pada saat memori internal Anda penuh. Sistem secara otomatis akan menanyakan untuk memasang nya di SD card.

Tekan Yes untuk menyetujuinya. Sedangkan yang kedua, Anda bisa mengatur secara permanen agar proses ini terpasang di SD card. Caranya dengan masuk ke Settings>Storage Sense. Anda geser ke bawah, pada bagian Change where you store your mu sic, photos, apps, and more. Anda bisa memindahkan pilihan ke SD card dan bukannya Phone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *