Pembatalan Perjanjian Jual-Beli Rumah Karena Tidak Menanggapi Pengumuman Surat Kabar

Pak Yulius, pada awal tahun 2014 lalu, saya membeli 1 (unit) rumah di sebuah perumahan yang baru dibuka di daerah Pantai Indah Kapuk. Rumah tersebut memang belum dilunasi karena ada beberapa persyaratan yang belum dapat saya penuhi. Berdasarkan hal tersebut, dibuat Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) antara saya dan pihak developer perumahan. Sekitar 1 (satu) minggu yang lalu saya melihat pengumuman di sebuah surat kabar nasional. Pengumuman tersebut dari kuasa hukum pihak developer yang ditujukan kepada saya dan beberapa pembeli lainnya.

Baca juga : Distributor Jual Genset Makassar

Inti dari pengumuman tersebut adalah apabila saya dan beberapa pembeli lain tidak memberikan tanggapan sampai batas waktu yang disebutkan dalam pengumuman tersebut, segala hak dan kewajiban yang saya miliki sebagai seorang calon pembeli yang tercantum dalam Perjanjian Pengikatan Jual Beli menjadi batal. Pertanyaan saya adalah, apakah sebuah pengumuman surat kabar dapat menjadi dasar pembatalan Perjanjian Pengikatan Jual Beli? Novita Ariesta, Jakarta Timur

Hal pertama yang harus Ibu perhatikan adalah, apakah sebelum terbitnya pengumuman surat kabar tersebut, terdapat permasalahan antara Ibu dan pihak developer terkait unit rumah yang akan dibeli. Merujuk pada hal tersebut, apakah pihak developer pernah mengirimkan kepada Ibu sebuah undangan atau pemberitahuan resmi untuk mengadakan suatu pertemuan?

Lebih lanjut, mengenai Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) antara Ibu dan pihak developer. Kami perlu mengetahui, syarat-syarat yang belum Ibu penuhi. Mengenai pengumuman surat kabar, dalam peraturan perundangundangan di Indonesia, tidak ada regulasi yang mengatur, adanya pembatalan PPJB dengan adanya pengumuman pada surat kabar. Asumsi saya, pengumuman surat kabar tersebut hanya sebagai suatu media agar diketahui oleh para pembeli, termasuk Ibu.

Jika pihak developer membatalkan PPJB, tentunya terdapat hal-hal yang dapat membuat batalnya suatu PPJB, adalah sebagaimana diatur dalam ketentuan-ketentuan yang terdapat pada PPJB tersebut. Menurut hemat kami, tidak ada salahnya Ibu memberikan tanggapan kepada pihak developer secara tertulis atas pengumuman surat kabar tersebut, untuk klarifi kasi, mengingat adanya syarat-syarat yang belum Ibu penuhi atas PPJB tersebut. Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan. Semoga penjelasan tersebut dapat berguna bagi Ibu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *