Tentang Pertempuran Orang-orang Biasa Bagian 2

Mereka semua ada di satu jagat raya dan berbagai nama disebut di sana-sini (bahkan akan ada penampilan beberapa tokoh ciptaan George Lucas yang pasti akan membuat para penggemar fanatik kelojotan begitu melihat sosok mereka). Tapi, sekali lagi, para tokoh dalam Star Wars adalah tokoh sakti mandraguna, sedangkan ini adalah kisah rakyat jelata yang mencoba memberontak dengan cara dan hati yang menggelegak. Meski penampilan Felicity Jones bagus, sutradara Gareth Edwards seperti tak bisa menghilangkan pengaruh gaya tokoh Katniss Everdeen dalam seri flm Hunger Games.

Tingkah Jyn Erso yang cemberut sepanjang flm penuh kemarahan dan dendam serta perasaan yang ruwet menghadapi ketakjelasan nasib ayahnya sukar dibedakan dengan gaya Katniss yang siap menghajar Presiden Snow. Penampilan Donnie Yen justru mencuri perhatian bukan hanya karena adegan perkelahian martial art di tengah jagat Star Wars itu menyegarkan, tapi karena ada semacam kejenakaan bercampur keseriusan Zatoichi dan ”The Force” yang diucapkan berkali-kali.

Perkawinan dua dunia—silat dan elemen penting Star Wars—jadi mengasyikkan. Bahwa ada beberapa bagian yang terasa kurang dikembangkan: Saw Gerrera, para penjahat di kelompok Imperial, dan peran Galen Erso yang selalu dalam dilema, itu adalah risiko yang diambil sutradara karena dia ingin berfokus pada perjalanan Jyn dan Cassian serta pasukan pemberontak yang menghadang penghancuran senjata Death Star.

Tapi peperangan itu, perjuangan pasukan itu, satu per satu kawan Jyn dan Cassian yang mulai melekat di hati menjadi penting sekaligus drama terbesar dari seluruh flm. Seperti cerita-cerita yang melibatkan perang besar dari kisah klasik Mahabharata hingga flm berlatar Perang Dunia II, pasti ada tokoh-tokoh yang telanjur kita sukai yang harus kita relakan untuk pergi. Hiburannya tentu saja, meski sekelebat, munculnya tokoh-tokoh besar Star Wars itu. Yang menjadi alasan mengapa kita mencintai George Lucas dan jagat yang diciptakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *