Bekerja dengan Google Drive Baru

Google baru saja melakukan pemba- ruan untuk layanan penyimpanan cloudnya, Google Drive. Dengan update terbaru ini, Google seolah ingin memisahkan fungsi antara aplikasi penyimpanan cloud dan aplikasi produktivitas, seperti membuka dan mengedit dokumen. Kini, jika Anda ingin mengedit dokumen atau tabel, maka Anda diharuskan meng-install aplikasi lain,yaitu Google Docs dan Google Sheets.

Baca juga : harga iphone

Aplikasi produktivitas belakangan menjadi populer saat Microsoft merilis Offce for iPad di platform iOS. Nampaknya, Google juga ingin bermain di layanan aplikasi produktivitas ini dengan membuat aplikasi khusus untuk keperluan membuka, membaca, dan mengedit dokumen. Walau sudah banyak aplikasi produktivitas sejenis di platform Android, seperti Polaris, Kingsoft Offce, dan bahkan Microsoft Offce Mobile, namun nama besar Google tentunya menarik minat pengguna Android untuk mencoba dua aplikasi produktivitasnya tersebut.

Mengunduh aplikasi

Sebelumnya, pengguna bisa langsung membuka, melihat, dan mengedit dokumen yang tersimpan di Google Drive. Namun dengan update terbaru dalam Drive, Google akan membawa penggunanya untuk mengunduh aplikasi Google Docs dan Google Sheets, jika dalam perangkatnya belum ter-install. Google Docs dan Google Sheets bisa diunduh dari toko aplikasi Google Play Store secara gratis. Menariknya, kini Google menyediakan fungsi offline editing dalam Google Docs dan Sheets.

Selain itu, update dalam Google Drive juga ditujukan untuk meningkatkan proteksi password saat pengguna mengakses penyimpanan cloud-nya. Begitu aplikasi terpasang, maka pengalaman penggunaan kedua aplikasi tersebut tidak berbeda jauh dari versi Google Docs sebelumnya yang terhubung dengan Google Drive.

Aplikasi Drive akan membuka dokumen melalui kedua aplikasi tersebut dengan pilihan yang sama seperti saat Anda membuka Docs atau Sheet. Agak membingungkan memang, namun cara ini memermudah Google jika ingin melakukan update terhadap ftur editing masing-masing tipe fle, alih-alih harus membuat versi Drive baru setiap ada update.

Mengedit dokumen

Begitu dokumen terbuka, pengguna bisa langsung mengetik atau membuat tabel dengan kedua aplikasi ini. Tombol keyboard akan langsung muncul saat area pekerjaan disentuh. Menu-menu yang ditampilkan di deretan atas Google Docs dan Sheets memang terbatas, namun cukup untuk melakukan pekerjaan editing dasar. Menu-menu yang ditampilkan antara lain pilihan jenis dan ukuran font, termasuk pilihan Bold, Italic, dan Underline.

Pilihan alignment teks, seperti rata kiri, tengah atau kanan, Bullets dan Numbering, serta pilihan menggeser inden teks. Sementara di Google Sheets, pilihan menu editingnya tak selengkap Microsoft Excel. Menu yang ditampilkan kurang lebih sama dengan versi Google Docs, hanya terdapat menu Cells untuk mengedit kolom dan baris. Selain itu, di bagian bawah juga terdapat menu Tab Sheet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *