senam kegel wanita

Manfaat Senam Kegel Wanita dan Cara Melakukannya

Banyak faktor yang bisa melemahkan otot-otot dasar panggul diantaranya kehamilan, persalinan, pembedahan, penuaan, konstipasi atau sembelit, batuk kronis, serta kelebihan berat badan. Dasar panggul terdiri dari sekelompok otot dan jaringan yang membentuk gendongan atau tempat tidur gantung. Gendongan ini berfungsi untuk menahan organ panggul (uterus, kandung kemih, dan usus) tetap di tempatnya.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kantuk

Otot dasar panggul juga berfungsi menghentikan aliran urine serta menjaga agar tidak buang air besar terus menerus. Otot ini juga akan mengencang atau berkontraksi ketika orgasme.

Dasar panggul yang lemah bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti ketidakmampuan mengontrol usus dan kandung kemih. Tapi jangan khawatir, salah satu cara memperkuat otot panggul adalah dengan melakukan gerakan kegel. Nah, ikuti artikel ini sampai selesai. Karena kali ini kita akan mengulas apa itu apa itu senam kegel wanita, manfaat, serta cara melakukannya.

Apa itu senam kegel?

Seperti namanya, senam kegel pertama kali dikembangkan di Amerika Serikat oleh dokter spesialis kandungan dr. Arnold Kegel pada tahun 1940-an. Awalnya gerakan ini bertujuan untuk mencegah inkontinensia urin yang terjadi pada pasca kehamilan wanita.

Belakangan diketahui bahwa latihan kegel bisa menguatkan otot-otot dasar panggul, yang berfungsi menopang rahim, kandung kemih, usus kecil, dan dubur. Bahkan gerakan pada senam kegel ini bisa meningkatkan orgasme. Senam kegel atau latihan otot panggul ini menjadi populer karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Segudang Manfaat Senam Kegel Wanita

Bagi wanita, salah satu manfaat senam kegel adalah membantu memperkuat otot-otot panggul sehingga membantu mencegah inkontinensia. Inkontensia merupakan kebocoran air seni atau tinja yang tidak terkendali. Senam kegel juga meningkatkan kesehatan serta kesenangan seksual wanita dengan cara

•Merelaksasi otot vagina sehingga memungkinkan vagina lebih terbuka. Ini akan membantu mengurangi rasa sakit ketika melakukan hubungan seksual

•Memperlancar sirkulasi darah ke vagina dan dasar panggul. Hal ini akan meningkatkan gairah seksual

•Memudahkan mencapai orgasme

•Meningkatkan pelumasan vagina

Selain itu, terdapat beberapa manfaat senam kegel bagi ibu hamil ataupun setelah melahirkan, diantaranya

•Meningkatkan elastisitas otot panggul. Hal ini akan membantu membuka jalur rahim dan mencegah episiotomi (gunting vagina saat melahirkan), sehingga persalinanpun menjadi lebih lancar

•Membantu vagina rapat kembali setelah persalinan normal

•Mengatasi wasir atau ambeien yang sering terjadi setelah melahirkan

•Mengencangkan vagina, terutama bagi wanita yang memasuki usia menopause

Senam kegel tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil dan pasca melahirkan, tapi baik dilakukan siapa saja karena akan menjaga kekuatan otot. Hal ini bisa mencegah berbagai gangguan kesehatan seperti mengompol saat tertawa serta bersin dan batuk yang diakibatkan melemahnya otot karena faktor usia.

Bagaimanakah cara melakukan senam kegel wanita?

Senam kegel tidak memerlukan pelatih, alat, pakaian, maupun ruangan khusus, tapi bisa dilakukan sendiri di rumah. Senam kegel wanita sebenarnya bisa juga dilakukan dengan duduk, berdiri, berbaring, maupun berjalan kaki. Tapi bagi wanita yang baru pertama kali melakukan gerakan ini, sebaiknya berlatih dalam posisi berbaring dengan menekuk kedua lutut. Posisi ini akan membuat tubuh terasa lebih rileks.

Untuk memulai senam kegel, langkah pertama adalah mengetahui letak otot dasar panggul. Caranya adalah dengan pergi ke toilet untuk buang air kecil, lalu cobalah untuk menghentikan sejenak laju urine dengan mengencangkan otot di sekitar vagina. Otot yang berkontraksi saat urine berhenti, itulah otot dasar panggul yang akan menjadi inti dari gerakan kegel. Setelah menemukan otot dasar panggul, sekarang saatnya untuk melakukan senam kegel wanita.

1.Kosongkan kandung kemih dan ambil posisi senam kegel yang paling mudah, yaitu berbaring

2.Kencangkan otot panggul bawah anda dan tahan selama 3 detik

3.Saat mengencangkan otot panggul bawah, jangan mengencangkan otot perut, paha, dan pantat serta tetaplah bernapas bebas seperti biasa

4.Lepaskan kembali dan relaksasikan otot panggul bawah dengan durasi yang sama

5.Lalu ulangi gerakan ini sampai 10 kali per sesi

6.Lakukan 3 sesi latihan sehari untuk mendapatkan hasil maksimal

7.Saat melakukan gerakan kegel ini, jangan menahan kencing karena bisa melemahkan otot panggul dan berisiko terjadi infeksi saluran kencing

Jika otot-otot dasar panggul tidak lelah setelah kontraksi atau mengencang selama 3 sampai 6 detik atau tidak lelah setelah melakukan latihan kegel 10 kali berturut-turut, anda bisa meningkatkan kontraksi menjadi selama 6 hingga 10 detik.

Gerakan kegel yang cukup mudah ini bisa dilakukan kapan saja serta tidak memerlukan banyak tenaga. Yang penting anda bisa berlatih dengan kontinu setiap hari. Setelah 4 hingga 6 minggu, latihan yang benar akan membawa perubahan positip pada tubuh. Setelah anda merasakan panggul yang makin kuat, ada baiknya untuk melakukan senam kegel dalam posisi duduk atau berjalan.

Jika anda merasakan sakit di perut atau punggung setelah melakukan gerakan kegel, ini menjadi tanda bahwa anda tidak melakukannya dengan benar. Ingat, ketika mengencangkan otot panggul anda, pastikan otot-otot perut, punggung, dan bokong harus tetap longgar.

Nah itu tadi ulasan mengenai senam kegel wanita. Selamat mencoba, semoga latihan kegel bermanfaat dalam menambah keharmonisan anda dan pasangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *