Media Sosial, Buzzer, dan Kaskus

Tiga developer Tebak Gambar ini punya relasi yang konyol. Meski telah lebih dari setahun berkolaborasi, baik Irwanto maupun Allen yang ada di Jakarta tidak pernah mendengar suara atau mengenal wajah Lu- kis, rekan kerjanya di Surabaya. Komunikasi mereka cukup lewat messenger. Ah, dasar generasi Y! “Kita tidak pernah tahu bagaimana bentuk wajah Mas Lukis itu seperti apa,” ujar Irwanto. “Suaranya aja kita ngga tau,” sambar Allen sambil terkekeh.

Baca juga : Net89

“Soalnya kita biasanya lewat chatting aja kalo kerja,” tambahnya lagi. Cuma hobi Meski banyak dimainkan, baik Irwanto, Allen, maupun Lukis tak terpikir untuk menguangkan popularitas itu. “Kita ngga mau banner iklan sering muncul. Soalnya kan kita juga suka kesal kalau lagi asyik main keganggu iklan,” papar Allen.

Meski mereka juga menaruh iklan Google Ads di aplikasinya,tapi menurut Irwanto iklan ini hanya muncul saat pengguna bermain sambil mengaktifkan Internetnya. “Kalau offline, yang muncul cuma iklan layanan masyarakat yang dikerjakan oleh temen-temen kita juga,” jelasnya. “Mas Lukis juga pada waktu ditanya ‘mau dimonetisasi dengan apa’, bilangnya tidak usah. ‘Kita kan membuat ini hanya untuk menghibur orang’,” kata Irwanto menirukan.

Modal 5000

Jika irwanto menemukan Tebak gambar dari Kaskus, ternyata Lukis pertama kali membuatnya di Facebook. “Lalu aku buat Twitternya juga. Setelah itu, aku buat juga threadnya di Kaskus,” tulis Lukis. Thread ini cukup populer, waktu itu sekitar 5.000 orang menjadi penyimak thread ini. Bermodal 5000 pemain Kaskus inilah, Saat itu, Irwanto menawarkan Lukis untuk dibuat aplikasinya. Belakangan, datang juga permintaan untuk memasukkannya di App Store (iOS).

Irwanto lalu mencari bala bantuan di kampusnya, Bina Nusantara. Dari seorang teman, didapatlah kontak Allen. Waktu itu Irwanto sudah mewanti-wanti Allen bahwa ia tak bisa menjanjikan imbalan apa-apa. Allen pun menerima dengan sukarela. Sayangnya, kado ulang tahun pertama Tebak Gambar Oktober lalu harus dirayakan dengan di-suspend-nya akun Tebak Gambar di Play Store. Tapi tenang, kamu masih bisa men-download aplikasi ini di Mobo Market Tebak Gambar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *