Bunga Cocor Bebek

Jenis dan Manfaat Cocor Bebek yang Luar Biasa

Cocor bebek adalah tumbuhan yang berasal dari madagaskar. Cocor bebek adalah tanaman yang biasa hidup di daerah beriklim tropika seperti Asia, Australia, Selandia Baru, India Barat, dan Hawaii.

Sebagai negara tropis, Indonesia juga menjadi tempat yang cocok bagi pertumbuhan cocor bebek. Tanaman cocor bebek memiliki banyak penggemar karena memiliki bentuk bunga yang unik dan warna yang cerah sehingga banyak dipakai sebagai tanaman hias yang mempercantik taman ataupun rumah.

Jenis-Jenis Cocor Bebek

Ada beberapa jenis tanaman cocor bebek, antara lain cocor bebek mini, cocor bebek besar, dan cocor bebek berbunga.

Cocor bebek mini memiliki daya tarik pada daunnya yang berbentuk oval, tebal, dan permukaannya ditutupi bulu-bulu halus putih. Daya tarik cocor bebek mini bukanlah pada bunganya kerena memang cocor bebek mini ini jarang sekali menghasilkan bunga.

Baca Juga: Cara Memutihkan jamur

Sementara cocor bebek besar memiliki daun yang berbentuk seperti mata tombak dan berwarna hijau. Terkadang menghasilkan bunga berwarna hijau dan merah muda. Jenis yang ketiga adalah cocor bebek berbunga. Sesuai namanya, cocor bebek ini rajin menghasilkan bunga berwarna cerah seperti merah, kuning, orange, sehingga sangat digemari masyarakat.

Keunikan dan Ciri Khas Cocor Bebek

Yang unik dari tanaman cocor bebek ini adalah, bunganya berkumpul secara berkelompok dalam satu tangkai. Dalam satu tangkai bisa terdapat puluhan kelopak bunga. Bunga cocor bebek ini mengeluarnya aroma yang sangat harum, sehingga mengundang kumbang untuk hinggap.

Antara kumbang dan bunga cocor bebek terdapat simbiosis mutualisme dimana kumbang mendapatkan makanan dari madu yang dihasilkan bunga. Sementara bunga mendapatkan manfaat untuk proses reproduksi karena terjadi kawin silang antara bunga dan kumbang.

5 Manfaat dan Khasiat Bunga Cocor Bebek Bagi Kesehatan

Tidak hanya sebagai tanaman hias, bunga cocor bebek juga bermanfaat sebagai obat herbal untuk menghilangkan berbagai penyakit.

Menurut sebuah penelitian di jepang, di dalam tanaman cocor bebek terkandung banyak zat kimia yang bermanfaat bagi tubuh manusia, diantaranya : zat asam amino, asam apel, asam malat, asam formiat, vitamin C, glucoside, magnesium malat dan masih banyak lagi.

Untuk anda yang ingin mengetahui khasiat bunga cocor bebek, berikut ini beberapa khasiat bunga cocor bebek yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat :

1.Demam panas

Mengalami demam panas pasti membuat badan tidak nyaman, tetapi jangan khawatir karena kami akan berbagi tips mengobati demam menggunakan tanaman cocor bebek. Caranya sangat mudah, yaitu dengan mencampur air dengan 1 atau 2 bunga cocor bebek yang sudah dibersihkan.

Kemudian kita remas bunga yang sudah bercampur dengan air agar saripati bunga dapat bercampur dengan air secara sempurna. Lalu oleskan air bunga cocor bebek ke seluruh tubuh, dan rasakan khasiatnya

2.Mengobati wasir atau ambeien

Tahukah anda kalau tanaman cocor bebek berkhasiat untuk anti radang, menghentikan pedarahan, dan mengurangi pembengkakan. Untuk membuat obat herbal wasir, caranya adalah dengan mengeringkan daun dan bunga cocor bebek.

Kemudian daun dan bunga yang sudah kering tadi ditumbuk hingga halus seperti bubuk kopi. Lalu anda bisa menyeduhnya dengan air panas. Untuk menambah rasa, anda bisa menambahkan satu sendok madu ke dalam seduhan tadi

3.Meredakan nyeri lambung

Tanaman cocor bebek juga bisa digunakan sebagai obat herbal nyeri lambung atau maag. Caranya adalah dengan meremas daun bunga cocor bebek yang sudah dibersihkan, lalu peras airnya sampai bersih. Setelah itu, tambahkan garam ke dalam air perasan tadi dan minum secara teratur sampai lambung anda terasa nyaman kembali.

4.Mengatasi amandel

Mengalamu sakit amandel memang sangat mengganggu. Biasanya penderita akan kesakitan saat menelan makanan. Hal ini disebabkan adanya tonjolan di sekitar kerongkongan. Selain operasi, kita bisa menggunakan daun dan bunga cocor bebek.

Caranya adalah dengan menumbuk daun dan bunga cocor bebek hingga halus, lalu diperas. Air perasan tadi bisa langsung digunakan dengan berkumur atau direbus terlebih dahulu, kemudian air rebusan tadi digunakan untuk berkumur. Lakukan secara rutin agar peradangan amandel anda bisa cepat sembuh.

5.Meredakan sakit gigi

Pernahkah anda sakit gigi, pasti rasanya sakit sekali bukan….Bunga cocor bebek bisa menjadi obat herbal yang mengatasi sakit gigi, anda tinggal menyiapkan daun dan bunga cocor bebek.

Kemudian cuci dan tumbuk sampai halus, selanjutnya tempelkan di bagian pipi yang bengkak. Apabila sudah kering, ganti dengan campuran daun dan bunga cocor bebek yang baru. Lakukan teratur sampai bengkak dan sakit giginya hilang.

Selain 5 khasiat diatas, sebenarnya masih ada khasiat lainnya diantaranya mengobati asma, mempercepat penyembuhan luka, mengatasi gejala asma, dan mengobati perut kembung.

Demikian sharing dari kami mengenai bunga cocor bebek. Ternyata tanaman cocor bebek yang banyak ditemukan di sekitar kita ini menyimpan banyak manfaat. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai tanaman herbal yang ada di sekitar kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *