penyebab sariawan di lidah

Apakah Penyebab Sariawan di Lidah?

Sariawan atau dalam dunia medis dikenal dengan nama stomatitis merupakan kondisi inflamasi (peradangan) yang bisa terjadi di bagian mana saja dari rongga mulut.

Sariawan bisa terjadi pada bagian gusi, bagian pipi dalam, maupun di lidah. Salah satu yang sering terjadi adalah sariawan di lidah. Walau tidak terlalu berbahaya, namun kondisi ini akan sangat mengganggu karena anda akan merasa sakit akibat adanya luka pada lidah anda. Situasi ini akan membuat anda kesulitan makan maupun ketidaknyamanan ketika berbicara. Agar tidak semakin parah, kondisi ini harus segera dicari penyebab dan cara pengobatannya.

Apa Penyebab Sariawan di Lidah?

Ketika anda mengalami sariawan di lidah, gejala yang paling mudah dirasakan adalah adanya rasa sakit dan tidak nyaman pada lidah sehingga anda akan kesakitan ketika makan, berbicara, maupun sikat gigi.

Baca Juga: Mau Nikah Niatmu Jangan Kendor

Untuk memastikan apakah anda terkena sariawan di lidah, maka julurkan lidah anda di depan cermin. Jika anda melihat adanya luka berbentuk bulat atau oval dengan warna dasar putih atau kekuningan, maka dapat dipastikan anda mengalami sariawan di lidah.

Lalu apa sebenarnya penyebab sariawan di lidah? Untuk mendapatkan jawabannya, ikuti penjelasan di bawah ini

1.Cedera mulut

Salah satu faktor penyebab sariawan di lidah adalah cedera mulut. Cedera di mulut terkadang menimbulkan luka yang bisa berkembang menjadi sariawan di lidah. Cedera mulut bisa terjadi ketika tidak sengaja lidah tergigit ketika bicara atau makan, menyikat gigi terlalu keras, atau secara tidak sengaja terkena duri ikan yang kita makan.

2.Alergi

Begitu banyak bakteri yang ada di rongga mulut kita, baik itu bakteri baik maupun bakteri jahat. Respon tiap orang berbeda-beda dalam menyikapi keberadaan bakteri tersebut. Sariawan bisa terjadi pada seseorang yang memberikan respon berlebihan terhadap bakteri tersebut.

3.Infeksi jamur

Penyebab sariawan di lidah lainnya adalah karena adanya infeksi jamur, salah satunya adalah candida calbicana. Infeksi ini ditandai dengan adanya lapisan putih atau bercak putih pada lidah anda. Jamur candida calbanica ini sebenarnya sudah ada di mulut tetapi jumlahnya sangat kecil. Tetapi karena kebersihan mulut yang buruk yang menyebabkan pertumbuhan populasi jamur tidak terkendali sehingga mengakibatkan infeksi jamur pada mulut manusia.

4.Sensitif terhadap pasta gigi

Sariawan di lidah bisa terjadi juga akibat penggunaan pasta gigi yang mengandung Sodium Lauryl Suphate (SLS). SLS merupakan bahan penghasil busa yang ada pada hampir semua produk pasta gigi. Menurut penjelasan pakar kesehatan gigi, SLS hanya boleh digunakan dengan kadar kurang dari 0,0001 dalam pasta gigi. Jadi penting untuk diusahakan memakai pasta gigi yang tidak mengandung SLS agar terhindar dari risiko sariawan di lidah.

5.Alergi terhadap makanan tertentu

Penyebab sariawan di lidah berikutnya adalah akibat mengkonsumsi makanan tertentu. Makanan yang seringkali memicu sariawan adalah makanan dan minuman pedas. Selain itu mengkonsumsi makanan manis-manis yang bisa menempel di rongga mulut seperti coklat, permen, kopi, keju dan jarang dibersihkan, hal ini bisa mengakibatkan berkembangnya kuman penyebab sariawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *