Potret Pegadaian Resmi

KCA (Kredit gadai Cepat dan Aman), adalah kredit dari Perum Pegadaian dengan sistem gadai yang diberikan kepada semua golongan nasabah. Baik untuk kebutuhan konsumtif maupun untuk kebutuhan produktif. Plafon pinjaman mulai dari Rp20.000 sampai lebih dari Rp200 juta. Jaminan berupa barang bergerak, seperti emas, berlian, mobil, motor, dan produk elektronik. Jangka waktu pinjaman maksimum 120 hari / 4 bulan, dan dapat diperpanjang dengan cara membayar sewa modal saja atau mengangsur sebagian uang pinjaman. dengan bunga 1,2% per 15 hari. Ponsel yang bisa di gadai di Pegadaian ini hampir semua ponsel yang penting harga secondnya tidak kurang dari 1,5 juta.

Potret Pegadaian Resmi

Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan perhitungan sewa modal selama masa pinjaman. Sebelumnya mungkin Anda belum tahu sedikitpun tentang cara kerja Pegadaian ini, kecuali slogannya yang terkenal itu “Mengatasi masalah tanpa masalah“. Kesan yang timbul saat mendengar slogan ini cukup sederhana, kita butuh uang lalu menggadaikan barang terus barang itu ditebus setelah uang bisa dikembalikan (asumsi saya dengan jumlah yang sama seperti jumlah uang yang diambil). SINYAL penasaran untuk mengetahui mekanismenya. “SINYAL sengaja menggadaikan kamera DSLR Canon 1100D yang sudah satu setengah tahun dimiliki. Penaksir di pegadaian hanya bisa memberi pinjaman Rp1.000.000 padahal barang ini masih bagus dan mulus karena jarang dipakai dan harganya lebih dari 3x lipat jumlah yang ditaksir. Sebelas hari kemudian, SINYAL menebusnya. Ternyata jumlah uang yang harus saya kembalikan bukan Rp1.000.000 ribu lagi tetapi Rp1.012.000, ada penambahan Rp.12.000, yaitu bunganya sebesar 1,2%.

Batas akhir penebusan adalah empat bulan terhitung sejak barang digadaikan.” ujar Bambang (salah satu nasabah) . Jenis barang yang diterima oleh Pegadaian memang tergantung dari masing-masing cabang, namun yang paling umum digadai adalah emas dan kendaraan bermotor. Barang-barang elektronik seperti ponsel dan laptop bisa juga diterima jika mereknya populer dan spesifikasinya tidak terlalu kuno. Itupun baru di tahun 2014 unit dari pegadaian menerima gadai barang-barang elektronik. Tetapi belum semua unit pegadaian menerimanya. Meski disebut Pegadaian, bukan berarti perusahaan negara ini hanya berfokus pada kebutuhan gadai barang berharga. Nasabah bahkan bisa membeli logam mulia (LM), alias emas, dengan sistem cicilan.

Namun, ini berarti pembeli membayar harga emas sesuai dengan harga dasar Antam ditambah margin yang ditetapkan Pegadaian. Pegadaian juga banyak melakukan sosialisasi untuk memperkenalkan emas kepada perkumpulan wanita – misalnya melalui arisan – hingga ke warteg. “Percaya atau tidak, melalui sosialiasi yang sudah dijalankan, seorang nasabah dengan modal usaha warung nasi mampu membeli kalung lelangan seharga Rp40 juta!” ungkapnya.

baca juga : Daftar autotrade gold

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *