Charge Mobil dari Tiang Lampu Jalan ala NET89

Charge Mobil dari Tiang Lampu Jalan ala NET89 | Mobil listrik sudah banyak yang mengembangkan. Namun, mobil jenis ini masih susah untuk digunakan secara massal di jalan umum. Salah satu masalahnya adalah stasiun pengisi daya listrik. listrik memang masih menjadi kendala besar dalam mempopulerkan mobil listrik. Selain biaya listrik di beberapa negara cukup besar jumlahnya, teknologi stasiun pengisian di jalan raya juga masih sekedar uji coba. Oleh sebab itu, produsen mobil listrik masih terus berfokus pada sistem pengisian listrik di rumah-rumah.

Masalah ini perlahan tapi pasti mulai dipecahkan oleh para produsen mobil listrik. Salah satunya adalah BMW. Menurut BMW, seharusnya masalah pengisian listrik tidak boleh menghalangi pengembangan mobil listrik. Apalagi di negara-negara maju, infrastruktur listrik sudah ada di mana-mana, mulai dari kota besar, jalan pedesaan, hingga di jalan lintas kota. Tiang lampu penerangan salah satunya. Tiang ini sudah tentu memiliki aliran listrik setiap saat sehingga menurut BMW bisa dimanfaatkan sebagai stasiun pengisi daya listrik untuk mobil-mobil listrik.

BMW, produsen mobil listrik asal jerman mencoba untuk memanfaatkan hal ini dengan memasang dua “Light and Charge” (karena menyatu dengan tiang penerangan jalan) di depan Headquarter mereka di kota Munich. Uji coba ini sebagai pilot project untuk pengisian listrik di jalan raya. Namun, mereka tidak menerapkannya secara gratis. Pengemudi mobil listrik BMW i3 dan i8 harus membayar biaya charge melalui sebuah aplikasi di smartphone mereka.

Tiang penerangan jalan ini dikombinasikan dengan sebuah hardware “Charge Now” (stasiun pengisian) dari BMW dengan elemen LED sebagai lampunya untuk memaksimalkan penghematan listrik. Instalasi yang mudah membuat model seperti ini dapat diterapkan di kota-kota lainnya dengan desain yang memanjang. Sistem ini juga sangat cocok bagi mereka yang gemar memarkir kendaraannya di malam hari sehingga dapat terhindar dari vandalisme.

Light and Charge ini merupakan salah satu solusi dari BMW diantaa solusi-solusi lainnya untuk memperluas daya tarik mobil listrik mereka, yaitu i3 dan i8. Solusi pengisian listrik lainnya yang telah mereka kembangkan di antaranya adalah Solar Power Carport untuk proses charge di rumah dan Charge Now DC Fast Charging station yang dapat mengisi daya listrik dengan proses yang cepat. Hal ini tentu bertujuan untuk menambah daya tarik mobil listrik sehungga konsumen merasa lebih nyaman dalam menggunakan mobil jenis listrik tersebut.

Sumber : net89.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *