Tips untuk Menyiasati Keuangan yang Kurang OK

Saat Mama positif hamil, pasti rasa bahagia yang muncul tak tertandingi oleh apa test pack menunjukkan pun. Apalagi jika kehamilan itu sudah dinanti-nanti. Tapi seiring rasa bahagia, muncul pula rasa deg-degan, di antaranya, ketika memikirkan biaya yang muncul pada saat kehamilan, persalinan, dan pascapersalinan.

Baca juga : Kerja di Jerman

Apalagi, sekarang kondisi perekonomian sedang melambat, kita pun harus lebih banyak mengencangkan ikat pinggang. Di tengah situasi seperti ini, Mama Papa masih bisa, kok, menyiapkan kedatangan buah hati tanpa harus merasa cemas soal dana. Bagaimana caranya? Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini! ‘ CEK FASILITAS ASURANSI Setelah Mama dinyatakan positif hamil, segera cek fasilitas asuransi kesehatan yang dimiliki. Apakah perusahaan tempat Papa atau Mama bekerja memberikan manfaat biaya melahirkan?

Jika, ya, rumah sakit mana saja yang menjadi tempat rujukannya? Seperti apa fasilitas melahirkan yang ditanggung dalam asuransi kesehatan dari kantor? Apakah juga mencakup operasi sesar atau hanya melahirkan secara normal? Apakah asuransi kantor juga memberikan penggantian biaya pemeriksaan kehamilan? Jika, ya, berapa jumlah penggantiannya? Begitu pula jika Mama terdaftar sebagai peserta BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan atau KJS (Kartu Jakarta Sehat). Biaya melahirkan, baik secara normal maupun sesar ditanggung penuh oleh BPJS.

Namun, jika menggunakan BPJS, Mama harusmengikuti rujukan sesuai aturan yang berlaku. Peristiwa melahirkan dikategorikan bukan sebagai kejadian kedaruratan sehingga pasien BPJS yang melahirkan harus ditangani oleh bidan di puskesmas. Bila terjadi komplikasi, baru pasien bisa dirujuk ke RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) di wilayah tersebut. Setelah mengecek fasilitas asuransi kesehatan, mulailah menimbang-nimbang, apakah fasilitas tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Misal, apakah Mama sudah cukup puas bila melahirkan dengan fasilitas rumah sakit kamar kelas tiga yang diberikan asuransi kesehatan dari kantor? Jika dirasa belum cukup, tentu Mama Papa perlu menyiapkan kekurangan dananya. ‘ KURANGI POS GAYA HIDUP Ketika melakukan pemeriksaan kehamilan pertama kali, Mama pun pasti sudah mulai menentukan rumah sakit atau fasilitas kesehatan tempat melahirkan nanti.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *